Jl. Perpustakaan No.3A, Kampus USU 085262675720 penelitian@usu.ac.id

Sosialisasi/Pendampingan Pembuatan Proposal Grant Riset Sawit (GRS) Tahun 2023

Rapat Program Kerja Lembaga Penelitian Usu dengan Rektor Universitas Sumatera Utara Dr. Muryanto Amin, S Sos, M Si di damping Wakil Rektor III Dr. Poppy Anjelisa Hasibuan, S.Si., M.Si., Apt, tentang progress pelaksanaan program kerja terdiri dari Laporan Kinerja Riset Fakultas dan Laporan Kinerja Publikasi, yang dipaparkan oleh Ketua Lembaga Penelitian Usu Prof. Dr. Robert Sibarani, MS didampingi Sekretaris Prof. Dr. Syafruddin Ilyas, M.Biomed, padahari Kamis, 03 Juni 2021 di Biro Rektor Universitas Sumatera Utara

Rapat Program Kerja Lembaga Penelitian Usu dengan Rektor Universitas Sumatera Utara Dr. Muryanto Amin, S Sos, M Si di damping Wakil Rektor III Dr. Poppy Anjelisa Hasibuan, S.Si., M.Si., Apt, tentang progress pelaksanaan program kerja terdiri dari Laporan Kinerja Riset Fakultas dan Laporan Kinerja Publikasi, yang dipaparkan oleh Ketua Lembaga Penelitian Usu Prof. Dr. Robert Sibarani, MS didampingi Sekretaris Prof. Dr. SyafruddinIlyas, M.Biomed, padahari Kamis, 03 Juni 2021 di Biro RektorUniversitas Sumatera Utara

Penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama antara Lembaga Penelitian USU dengan PT Pelabuhan Indonesia Persero I (PELINDO).
28 April 2021 di ruang rapat Lembaga Penelitian USU

Ketua Lembaga Penelitian USU, Prof. Dr. Robert Sibarani MS. dan Sekretaris Lembaga Penelitian USU Prof. Dr. Syafruddin Ilyas M.Biomed
periode 2021-2025

previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

Rektor Universitas Nias, Eliyunus Waruwu Kunjungi Lembaga Penelitian USU

Rektor Universitas Nias, Eliyunus Waruwu Kunjungi Lembaga Penelitian USU

Ketua Lembaga Penelitian (LP) Universitas Sumatera Utara Prof. Dr. Robert Sibarani menerima kunjungan Rektor Universitas Nias, Eliyunus Waruwu, S.Pt., M.Si beserta rombongan di ruang rapat Lembaga Penelitia USU pada Kamis (28/07).

WhatsApp_Image_2022-08-04_at_12.09.24.jpeg
Rektor Universitas Sumatera Utara Eliyusnus Waruwu dalam penjelasan terkait kunjungannya menjelaskan bahwa Universitas Nias yang baru berdiri sejak 22 September 2021 merupakan gabungan dari beberapa sekolah tinggi yang sudah lebih dulu berdiri, yakn STKIP Nias Selatan, STIE Nias Selatan dan STIH Nias Selatan. Kemudian bertambah dengan dibentuknya beberapa fakultas lain seperti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan 7 Program Studi, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknologi Informasi dengan 2 Program Studi.
Menurut Eliyunus, Universitas Nias Raya (UNIRAYA) menjadi universitas pertama yang ada di Kepulauan Nias dan kehadirannya disambut baik oleh masyarakat dan kalangan pendidikan yang akan mendidik dan membina generasi muda menjadi pribadi yang siap bersaing secara global serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Ditambahkannya, saat ini Universitas Nias mempunyai 4 ribuan mahasiswa dengan staf pengajar kurang lebih 130 orang. Dengan kondisi Universitas yang baru didirikan ini, Eliyanus sangat berharap dapat menjalin kerja sama dengan dengan USU, selain dengan Lembaga Penelitian, juga berharap dapat menjalin hubungan kerja sama dengan bidang pengabdian, pengiriman mahasiswa program Doktor dan pembentukan alumni USU di Nias. Eliyanus juga berharap, dapat menjalin kerja sama dengan USU dalam penyiapan tenaga ahli dalam kajian akademik serta penelitian tentang potensi daerah khususnya di 4 kabupaten dan 1 kota di kepulauan Nias.

Sementara itu, Prof. Robert Sibarani dalam menyahuti keinginan pihak Universitas Nias mengatakan bahwa USU dalam hal ini Lembaga Penelitian sangat menyambut baik maksud dan tujuan kunjungan Universitas Nias. Dikatakan Prof Robert bahwa USU terkait kerja sama penelitian mempunyai program kerja sama dengan pihak luar USU yaitu program Riset Kolaborasi. Program riset kolaborasi yang rencananya akan dilaksanakan tahun depan ini mempunyai misi riset kolaborasi perguruan tinggi sumatera utara dan sekitarnya. Gambarannya semua perguruan tinggi yang ada di Sumatera Utara dapat menjalankan kolaborasi penelitian. “Dalam hal ini, Host dan mitra harus sama2 menghasilkan luaran”, kata Prof. Robert. Prof Robert selanjutnya mengajak pihak Universitas Nias untuk ikut serta dalam program riset kolaborasi ini tahun depan agar Universitas Nias juga mendapatkan luaran riset yang dapat digunakan dalam memajukan daerah khususnya kepulauan Nias.

Pada kesempatan terpisah di sela-sela tugas luar yang tidak dapat ditinggalkan, Sekretaris Lembaga Penelitian USU Prof. Syafruddin Ilyas, juga sangat mendukung dan siap menindaklanjuti program yang ditawarkan oleh Ketua Lembaga Penelitian USU ke Rektor Universitas Nias yang merupakan upaya peningkatan kualitas Universitas Nias ke depannya.
Kegiatan kunjungan diakhiri dengan foto bersama dan ramah tamah. Turut hadir dalam kegiatan kunjungan tersebut, Kabag dan Kasub Penelitian, Kasub TU dan staf Lembaga Penelitian Universitas Sumatera Utara, Kepala PSI Universitas Nias dan Kepala Biro Umum Universitas Nias. (vie).

WhatsApp_Image_2022-08-04_at_12.09.26.jpegWhatsApp_Image_2022-08-04_at_12.09.25.jpegWhatsApp_Image_2022-08-04_at_12.09.26_1.jpeg